Tipe File yang Digunakan Oleh Linux Secara Umum

Tipe File yang Digunakan Oleh Linux Secara Umum

Tipe File yang Digunakan Oleh Linux Secara Umum adalah ext3 (Third Extended File System) yang merupakan sebuah file system yang digunakan pada sistem operasi Linux. Ini adalah versi yang ditingkatkan dari Ext2, yang merupakan file system yang digunakan pada sistem operasi Linux yang sudah lama ada.

Ext3 adalah file system yang menambahkan fitur-fitur baru yang tidak ada pada Ext2, seperti journaling. Journaling adalah proses mencatat setiap perubahan yang dilakukan pada file system sehingga sistem operasi dapat memulihkan kondisi file system setelah terjadi crash atau kegagalan sistem. Karena itu, Ext3 lebih aman dan dapat diandalkan daripada Ext2.

Tipe File Yang Ada Pada Linux

Di Linux, sistem file adalah struktur yang digunakan oleh sistem operasi untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses file dan direktori. Ada beberapa sistem file yang umum digunakan di Linux, di antaranya:

  1. Ext2 (Second Extended File System) – sistem file yang digunakan pada versi awal Linux.
  2. Ext3 (Third Extended File System) – sistem file yang merupakan versi terbaru dari Ext2 yang dilengkapi dengan fitur journaling.
  3. Ext4 (Fourth Extended File System) – sistem file terbaru yang merupakan peningkatan dari Ext3 dengan fitur journaling yang lebih baik dan kemampuan menangani file yang lebih besar.
  4. Btrfs (B-tree File System) – sistem file yang merupakan alternatif baru yang dilengkapi dengan fitur snapshot dan kemampuan menangani file yang sangat besar.
  5. XFS (eXtended File System) – sistem file yang ditujukan untuk sistem yang menangani file yang sangat besar.
  6. ReiserFS – sistem file yang ditujukan untuk menangani file yang banyak dan kecil-kecil.
  7. JFS (Journaled File System) – file system yang menambahkan fitur journaling untuk meningkatkan keandalan sistem.
Read me :   Siapakah yang pertama kali menciptakan Sistem Operasi Linux

Pengertian File System

File system atau Sistem file adalah struktur logika yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap data yang ada pada disk. Ini adalah database khusus untuk menyimpan, mengelola, memanipulasi, dan mengambil data sehingga mudah ditemukan dan diakses.

Sistem operasi dan sistem file bekerja sama untuk mengakses data pada disk. Sistem file adalah antarmuka yang menghubungkan sistem operasi dengan disk. Ketika program meminta pembacaan dari hard disk atau media penyimpanan lainnya, sistem operasi akan meminta sistem file untuk mencari lokasi file yang diinginkan. Setelah file ditemukan, sistem file akan membuka dan membaca file tersebut, kemudian mengirimkan informasinya ke sistem operasi dan akhirnya dapat dibaca oleh pengguna.

Sistem operasi Linux mendukung banyak File System yang berbeda, tapi pilihan yang umum digunakan adalah keluarga Ext* (Ext2, Ext3 dan Ext4) dan ReiserFS.

Penjelasan Lengkap ext3 (Third Extended File System)

Ext3 adalah versi yang ditingkatkan dari sistem file Ext2. Dengan peningkatan ini, Ext3 memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Journaling,
    dengan menggunakan journaling, maka waktu recovery pada shutdown mendadak tidak akan selama pada Ext2. Namun ini menjadi kekurangan dari Ext3, karena dengan adanya fitur journaling, maka membutuhkan memori yang lebih dan memperlambat operasi I/O (Input/Output).
  • Integritas data,
    Ext3 menjamin adanya integritas data setelah terjadi kerusakan atau unclean shut down. Ext3 memungkinkan kita memilih jenis dan tipe proteksi dari data.
  • Kecepatan,
    daripada menulis data lebih dari sekali, Ext3 mempunyai throughput yang lebih besar daripada Ext2 karena Ext3 memaksimalkan pergerakan head hard disk. Kita bisa memilih tiga jurnal mode untuk memaksimalkan kecepatan, tetapi integritas data tidak terjamin.
  • Mudah dilakukan migrasi,
    kita dapat berpindah dari sistem file Ext2 ke sistem file Ext3 tanpa melakukan format ulang.
Read me :   Linux Untuk Pemula 10 Perintah Dasar yang Wajib Diketahui

Penutup

Secara umum, tipe file yang digunakan oleh Linux adalah ext3 (Third Extended File System), yang merupakan sebuah file system yang digunakan pada sistem operasi Linux. Ini adalah versi yang ditingkatkan dari Ext2, yang merupakan file system yang digunakan pada sistem operasi Linux yang sudah lama ada. Ext3 memiliki fitur-fitur baru yang tidak ada pada Ext2, seperti journaling, sehingga lebih aman dan dapat diandalkan daripada Ext2.

Demikian penjelasan Tipe File yang Digunakan Oleh Linux Secara Umum semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top