Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contohnya

Rumus Perbandingan – Hallo Pecinta Matematika, Kali ini kita akan membahas tentang rumus matematika yaitu Rumus Perbandingan. Rumus Perbandingan di matematika perlu dibelajari karena menghitung perbandingan tak akan lepas dari kehidupan kita sehari-hari, banyak penerapan perbandingan di kehidupan kita sehari hari beberapa contoh menghitung perbandingan yaitu perbandingan jarak, waktu maupun kecepatan yang setiap hari kita lakukan.

Rumus Perbandingan adalah salah satu teknik atau cara dalam membandingkan dua besaran. Adapun penulisan Rumus Perbandingan dapat dituliskan sebagai a:b dengan a dan b merupakan dua besaran yang mempunyai satuan yang sama. Agar dapat membuat kesimpulan, terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan.

Selain itu, ada beberapa jenis Rumus Perbandingan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa jenis perbandingan tersebut memiliki syarat dan rumusnya masing-masing. Agar lebih bisa memahami perbandingan.

Jenis-Jenis Rumus Perbandingan Beserta Contohnya

Ada Berapa Rumus Perbadingan Menurut kalian? Rumus perbandingan dibagi menjadi 3 jenis yaitu Perbandingan Senilai, Perbandingan Berbalik Nilai dan Perbandingan Bertingkat. Salah satu contoh perbandingan yang sering kita jumpai adalah penulisan skala pada peta. Rumus Perbandingan terbagi menjadi 3 jenis, berikut penjelasan Rumus Perbandingan, cara menghitung perbandingan beserta Contohnya :

1. Rumus Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai atau Sering disebut juga sebagai Proporso adalah perbandingan yang melibatkan dua rasio yang sama. Sederhananya, perbandingan senilai merupakan suatu pernyataan yang menyatakan dua rasio adalah sama.

Rumus Perbandingan senilai adalah a1/a2 = b1/b2.

Contoh Dari perbandingan senilai yaitu perbandingan banyaknya Bensin dengan Jarak yang ditempuh Kendaraan Bermotor. Semakin banyak Bensin yang Ada atau yang dimiliki, maka semakin Jauh pula jarak yang bisa ditempuh Kendaraan tersebut, begitu pula sebaliknya.

Contoh Perhitungan Rumus Perbandingan senilai :

Pertanyaan : Andi mengendarai sepeda motor menempuh jarak 32 km dengan menghabiskan 4 liter bensin. Jika Joko mempunyai 7 liter bensin, berapa jarak yang dapat ditempuh?

Penyelesaian:

Bensin 4 liter = 32 km (a1 = b1)

Bensin 7 liter = b2 (a2 = b2)

Soal di atas merupakan permasalahan perbandingan senilai, untuk itu cara menghitung perbandingan senilai dadalah sebagai berikut:

4/7 = 32/b2

b2 = (7 x 32)/4 = 56 km

Sehingga, jarak yang dapat ditempuh Andi dengan 7 liter bensin adalah 56km.

2. Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan antara dua besaran di mana suatu variabel bertambah, maka variabel berkurang atau sebaliknya. Adapun contoh dari perbandingan berbalik nilai yaitu kecepatan kendaraan dengan waktu tempuh atau perbandingan persediaan makanan dengan banyaknya hewan ternak.

Rumus Perbandingan berbalik nilai dapat dinyatakan dengan a: b berbanding terbalik dengan harga p: q atau dapat dituliskan sebagai berikut: a : b = (1/p) : (1/q)) = q : p maka a x p = b x q.

Cara Perhitungan Rumus Perbandingan Berbalik :

Pertanyaan: Suatu pekerjaan jika dikerjakan oleh 8 orang akan selesai dalam 18 hari. Jika pekerjaan tersebut dikerjakan oleh 12 orang, maka berapa hari pekerjaan tersebut dapat diselesaikan?
Penyelesaian:

Banyak pekerja 8 orang = 18 hari (a = p)

Banyak pekerja 12 orang = q (b = q)

Soal tersebut merupakan perbandingan berbalik nilai, maka cara menghitung perbandingan berbalik nilai adalah seperti berikut:

8/12 = q/18

q = (8 x 18)/12 = 12 hari

Jadi, dengan 12 orang, pekerjaan tersebut akan selesai dikerjakan dalam 12 hari.

3. Rumus Perbandingan Bertingkat

Jenis perbandingan Terakhir yaitu perbandingan bertingkat. Jenis perbandingan satu ini melibatkan lebih dari satu perbandingan. Misalnya, perbandingan jeruk Andi dan Joko adalah 3:5, sedangkan perbandingan jeruk Joko dengan Rudi adalah 4:3.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, perlu menentukan rasio atau perbandingan dari jeruk miliki Andi, Joko, dan Rudi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top