Pilih OVO atau DANA? inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Lebih pilih OVO atau DANA? sering sekali Pertanyaan ini terdengar sangat tidak asing dalam keseharian kita dan banyak di tanyakan. Terlebih, OVO dan DANA ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang semakin membuat orang bingung untuk memilih dompet digital.

Berada di era serba digital mewajibkan kita mempunya e-wallet yang serba bisa. Sebab, hampir semua transaksi bisa dilakukan dengan Non tunai atau cashless. Sebut saja ketika membayar Gojek, GrabFood, Berbelanja online, maupun bayar belanjaan di minimarket semua tersedia QRcode untuk digunakan transaksi Non tunai.

Untuk membayar tagihan, Kamu dapat menggunakan dompet digital yang telah Kamu setor dengan sejumlah Dana. Jika kartu kredit membebani Kamu dengan biaya dan prangko keuangan yang tinggi maka dompet digital dapat menjadi solusi yang hemat. Dompet digital ini seperti akun online yang dapat Kamu gunakan untuk membayar tagihan, berbelanja online, dan membeli fasilitas transportasi. Seperti OVO dan Dana Kamu perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan dari OVO dan Dana sebagai pertimbangan Kamu dalam memilih E-wallet atau Dompet digital.

Bagus OVO atau DANA?

Sebenarnya OVO dan DANA menempati peringkat teratas dalam daftar dompet digital terbaik mengalahkan GoPay dan LinkAja. Selain karena proses registrasi yang mudah, tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan.
Untuk mengetahui bagusan OVO atau DANA, silahkan simak kelebihan dan kekurangan keduanya di bawah ini.

Apa itu OVO?

OVO merupakan startup atau aplikasi yang menawarkan layanan pembayaran digital via aplikasi atau Ewallet. Didirikan sejak tahun 2017, e-wallet yang identik dengan warna ungu ini sudah menjalin kerjasama dengan banyak merchant, seperti Grab dan Tokopedia. Kamu dapat menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant OVO.

Bisa juga mengumpulkan dan menggunakan OVO Points di merchant bertkamu OVO Zone. Ada juga dua jenis metode pembayaran, yaitu OVO Cash dan OVO Points. Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai pembayaran yang telah bekerja dengan OVO menjadi lebih cepat.

Sedangkan OVO Points adalah imbalan loyalitas bagi mereka yang melakukan transaksi menggunakan OVO Cash di merchant mitra OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukar dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukar untuk transaksi di merchant mitra OVO.

OVO menawarkan kenyamanan bertransaksi tanpa mengharuskan pelanggannya membawa terlalu banyak uang tunai. Salah satunya cukup untuk menunjukkan aplikasi OVO di mana ada saldo tunai dan poin. Tidak seperti cashless lainnya, OVO memberikan beberapa manfaat lain seperti kartu kredit.

Kelebihan OVO

1. Ada Fitur OVO Points

Adapun keunggulan OVO yang pertama terletak di OVO Points. Sebab, fitur ini sangat terbantu, terutama bagi yang sering belanja di Tokopedia. Karena setiap kali melakukan transaksi, kita akan mendapatkan cashback dalam bentuk saldo OVO Points.

OVO tidak hanya menawarkan media pembayaran, OVO juga menawarkan imbalan kesetiaan yang bisa Kamu dapatkan setiap kali Kamu melakukan transaksi di berbagai pedagang yang bermitra dengan OVO.

2. Banyak Promo di Merchant

Menawarkan berbagai promo menarik di seluruh merchant yang bekerjasama, OVO memiliki cukup banyak partner resmi baik merchant offline online dan perusahaan e-commerce sebut saja Tokopedia dan Lazada.

3. Bisa Tarik Tunai di Alfamart

Berbeda dari beberapa waktu lalu, kini OVO sudah menjalin kemitraan dengan Alfamart, yang artinya pengguna bisa isi saldo, bayar belanja, dan tarik tunai kapan saja di lebih dari 14.000 gerai Alfamart seluruh Indonesia.

4. Pembayaran yang mudah

Pembayaran OVO menawarkan kemudahan dalam transaksi dan pembayaran untuk semua kebutuhan di pedagang yang telah bekerja sama. Kamu dapat melakukan transaksi tanpa uang tunai di lebih dari 60.000 outlet / pedagang dari Sabang – Merauke.

Kekurangan OVO

1. Ada Limit TopUp Bulanan

Kekurangan OVO yang pertama ada pada limit pengisian saldo. OVO membatasi pengguna akun PREMIER sebesar Rp20 juta per bulan. Jika limit ini sudah tercapai, maka Anda hanya bisa melakukan top up di bukan berikutnya. Peningkatan dari Ovo Club ke Ovo Premiere harus datang langsung ke stan tetapi tidak dapat dilakukan secara online

2. Metode Pembayaran Terbatas

Bagi orang yang sangat bergantung pada e-wallet, kalau ditanya bagus OVO atau DANA, mungkin mereka akan memilih DANA. Kenapa? Salah satu faktornya karena OVO belum bisa digunakan untuk pembayaran PBB, PDAM, hingga BPJS.

Apa itu DANA?

Sama seperti OVO, DANA adalah e-wallet berbasis aplikasi yang menawarkan transaksi digital dengan mudah dan efisien. Didirikan satu tahun setelah OVO, e-wallet yang didominasi warna biru ini sangat diminati karena menghadirkan ragam promo dan diskon.

DANA sama dengan beberapa dompet digital yang ada saat ini, di mana setiap uang elektronik yang tersedia memiliki fungsi dan manfaat yang sama. Selain ingin membayar tagihan listrik dan internet. Dana juga dapat digunakan untuk pembayaran di beberapa pedagang.

Caranya sangat mudah dan cepat hampir sama seperti OVO, tetapi Kamu harus terlebih dahulu mengecek apakah saldo Kamu mencukupi atau tidak untuk melakukan pembayaran. Adapun cara top up saldo Dana itu sangat mudah dan bisa dilakukan di beberapa tempat yang sudah bisa dilayani.

Lalu apa itu Dana? Dana adalah uang elektronik berdasarkan layanan pembayaran digital menggunakan aplikasi. Meskipun banyak orang sudah tahu apa itu Dana, tapi ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu tentang fungsi dompet digital dan apa manfaat menggunakan Dana.

Kelebihan DANA

1. Bebas Biaya Admin

Salah satu keunggulan DANA yang membuatnya sangat diminati adalah keringanan saat transfer uang. Pengguna bisa top up dan transfer ke sesama DANA atau rekening bank lain sebanyak 10 kali tanpa dikenakan biaya tambahan.

2. Cairkan Uang di Alfamart

DANA menjalin kerjasama dengan Alfamart, sehingga pengguna bisa mencairkan uang minimal Rp50 ribu. Dari poin ini, sudah dapat kesimpulan lebih bagus OVO atau DANA? Kalau belum, mungkin poin selanjutnya bisa jadi pertimbangan.

3. Banyak Promo Menarik

Kelebihan DANA selanjutnya ada pada promo yang dihadirkan. Di banyak merchant, Anda bisa mendapatkan cashback dan diskon hingga 50% untuk barang atau makanan. Namun tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

4. Prosesnya lebih cepat dan mudah

Sama seperti jika Kamu ingin berbelanja online di Bukalapak, Kamu dapat menggunakan saldo Dana Kamu untuk pembayaran barang yang Kamu lakukan di Bukalapak. Bahkan untuk prosesnya sangat mudah dan cepat, tidak seperti menggunakan pembayaran melalui transfer bank.

5. Transfer lebih efisien

Dengan menggunakan promo yang ada, tentunya itu akan sangat bermanfaat bagi kita semua jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. Adapun manfaat lainnya, Kamu dapat mentransfer saldo dengan mudah dan cepat, masih ada banyak manfaat lain yang bisa Kamu rasakan menggunakan Dana.

Kekurangan DANA

1. Ada Limit Top Up dan Transaksi

DANA memberlakukan limit untuk top up maksimal Rp2 juta dan Rp10 juta bagi pengguna yang sudah melakukan upgrade ke Premium. Selain itu, ada juga limit transaksi sebesar Rp20 juta dalam satu bulan kalender.

2. Merchant Masih Sedikit

Untuk kemudahan transaksi DANA memang patut diacungi jempol. Namun sayangnya, saat ini jumlah merchant DANA tak sebanyak OVO. Sehingga pedagang atau ojek online kalau ditanya bagusan OVO atau DANA, jawaban mereka pasti OVO.

3. Belum ada untuk pedagang / penjualnya

Jika kita melihat kelebihan dan fungsi dompet digital Dana, tidak ada kerugian. Karena Dana telah menjamin keamanan 100%, jadi kami merasa tidak ada kerugian. Hanya saja masih ada beberapa kekurangan, yang bagi pedagang belum tersedia, tapi ini bukan masalah besar. Karena bagi pedagang yang ada, hampir semuanya telah tersebar di seluruh Indonesia.

Kesimpulan

Sekarang dompet digital mungkin sudah wajib dimiliki semua pengguna smartphone. Pasalnya, kita bisa melakukan ragam transaksi tanpa uang tunai. Terlebih, OVO dan DANA menawarkan banyak keuntungan dalam banyak hal.

Nah, dari kelebihan dan kekurangan dua e-wallet ini, menurut Anda bagus OVO atau DANA? Kalau admin pribadi saat ini menggunakan keduanya, tapi DANA lebih baik dalam beberapa hal, salah satunya bebas biaya transfer ke rekening bank.

Artikel Terkait

Leave a Comment