Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli! Internet marketing suatu usaha yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya melalui media internet. Semua diskusi dengan para pelanggan bahkan dilakukan secara daring, sehingga membutuhkan strategi untuk memperkenalkan produk dan jasa dengan sebaik mungkin.

Ada banyak sekali pengertian internet marketing yang sudah dikemukakan oleh para ahli, yaitu sebagai berikut.

5 Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

Sebelum Anda memutuskan untuk masuk ke dunia internet marketing, ada baiknya mengetahui beberapa pengertian secara garis besar agar bisa menangkap informasi dan mengerti akan sistem kerja dari internet marketing itu sendiri.

1. Internet Marketing Menurut Kotler and Armstrong (2008)

Kotler dan Armstrong mengemukakan pendapat bahwa internet marketing merupakan suatu bentuk dari pemasaran publik yang terhubung antara komputer satu dengan lainnya di seluruh dunia. Jaringan informasi yang ada merupakan beberapa informasi yang dimiliki oleh berbagai negara, sehingga berkumpul dalam satu jaringan atau wadah informasi sama.

Sementara itu, pengertian internet marketing ini sama halnya dengan e-marketing dan e-business yang mana dalam prosesnya sangat memanfaatkan media internet untuk membangun hubungan bersama para pelanggan.

2. Internet Marketing Menurut Mulia (2009)

Menurut Mulia, internet marketing adalah tempat atau sarana yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Sistem pemasaran yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline, perbedaannya hanya terletak pada media tempat pemasaran itu saja.

3. Internet Marketing Menurut Coupey (2001)

Pengertian internet marketing menurut Coupey adalah sebuah sarana informasi antara penjual, konsumen dan organisasi lain. Penggunaan internet yang semakin luas memungkinkan masyarakat mudah dalam melakukan komunikasi daring. Sehingga, banyak dari masyarakat yang menyukai berbelanja produk secara online dikarenakan lebih mudah dan cepat.

Begitu pula dengan perusahaan yang memasarkan produk dan jasa mereka, setidaknya perusahaan harus mampu memiliki target untuk mencapai pelanggan yang diinginkan dan produk miliknya semakin dikenal oleh banyak masyarakat dunia.

4. Internet Marketing Menurut Chaffey (2000)

Pengertian internet marketing menurut Chaffey adalah suatu aplikasi yang diberikan oleh internet bersama teknologi canggih lain guna mendukung proses pemasaran. Beberapa teknologi pendukung yang digunakan untuk kemajuan internet marketing diantaranya kabel-kabel, media internet, sateliti, perangkat lunak, serta perangkat keras.

Selain itu, Chaffey mengatakan juga bahwa internet marketing merupakan suatu sistem yang digunakan perusahaan dalam menjelaskan produk, manajemen dan sistem perusahaan yang mereka miliki. Pelanggan atau konsumen bisa membeli produk tersebut sesuai deskripsi dan melakukan pemesanan melalui chat, email dan sejenisnya.

5. Internet Marketing Menurut El-Gohary (2010)

Pengertian internet marketing menurut El-Gohary adalah suatu filosofi baru yang hadir dalam praktik bisnis modern. Maksud dari filosofi baru tersebut adalah semua komunikasi, penawaran jasa dan produk akan dilakukan melalui media internet atau online tanpa harus bertatap muka langsung.

Para pebisnis akan memikirkan ide secara kreatif untuk bersaing dengan produk lainnya. Mereka akan menawarkan produk yang sedang dibutuhkan masyarakat saat ini. Jadi, kebutuhan dan tujuan kedua belah pihak akan tercapai dengan mudah dan cepat tentunya.

Itulah beberapa pengertian internet marketing yang dikemukakkan oleh para ahli. Internet marketing menjadi suatu cara yang disukai dan menarik untuk para pebisnis. Sebab, mereka bisa memasarkan produk dengan mudah menggunakan media internet dan mampu berkomunikasi bersama para pelanggan di seluruh dunia

Leave a Comment