Jenis Produk Asuransi Populer Terbaru

Fungsi utama setiap produk asuransi itu sendiri adalah sebagai bentuk upaya untuk pengalihan resiko terhadap kerugian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang, baik itu berupa aset, kesehatan, jiwa, dan maupun sebagai jaminan untuk hari tua nanti. Dengan adanya asuransi tentunya akan membantu Anda meminimalisir resiko yang akan terjadi dimasa yang akan datang terutama yang berhubungan dengan masalah finansial.

Namun sebelum anda berpikir untuk membeli asuransi ada baiknya anda memilah-milah terlebih dahulu terhadap produk asuransi apa yang nantinya akan anda ambil. Apakah nantinya produk tersebut benar-benar anda butuhkan di masa yang akan datang.

Ada banyak pertimbangan sebelum anda membeli sebuah produk asuransi, yang pertama yang harus anda tela’ah kembali adalah kebutuhan anda, tujuan anda membeli asuransi untuk keperluan apa, entah itu untuk backup kesehatan, untuk pendidikan anak, dan ataupun untuk masa tua nanti. Setelah semua itu selesai langkah berikutnya adalah penyesuaian dengan anggaran budget yang tersedia, jangan memaksakan keinginan dimasa yang akan datang akan tetapi tidak sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Sangat penting untuk merencanakan Keuangan anda.

Jenis-jenis Produk Asuransi

Nah seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebelum membeli sebuah produk asuransi ada baiknya anda pilah terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Jangan sampai anda membeli suatu produk asuransi akan tetapi itu bukan yang anda butuhkan nantinya.

Berikut ini jenis-jenis produk asuransi yang umumnya ada di Indonesia berikut sedikit ulasan tentangnya.

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa menjadi urutan yang pertama karena memang kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan asuransi ini. Tujuan utama asuransi ini adalah sebagai proteksi atas penghasilannya nantinya apabila ketika ia meninggal kelak. Ketika ia meninggal maka ahli waris akan mendapatkan ganti rugi dan atau berupa tunjangan atas meninggalnya tertanggung. Setidaknya dengan asuransi jiwa yang ia tinggalkan bisa membantu keluarga yang ditinggalkan untuk bertahan dan melanjutkan hidupnya.

2. Asuransi Pendidikan

Berikutnya asuransi ini tak kalah pentingnya untuk dimasukkan kedalam checklist pengeluaran asuransi mu apalagi kamu masih memiliki anak-anak yang masih kecil untuk persiapan pendidikan yang lebih baik buat mereka nantinya. Asuransi pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan dana untuk biaya pendidikan mereka nantinya, dengan adanya Asuransi pendidikan nantinya kamu tidak pusing dalam memikirkan dana untuk biaya sekolah mereka.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi ini umumnya digunakan lebih banyak pada kendaraan tipe mobil, karena tingkat kerugian yang ditimbulkannya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan lain. Pada mobil biasanya asuransi berbentuk asuransi kerusakan maupun asuransi kehilangan, sementara pada sepeda motor kebanyakan cuma sebatas asuransi kehilangan.

4. Asuransi Kesehatan

Yang tak kalah pentingnya adalah asuransi ini, karena kesehatan amat sangat mutlak harus dipertimbangkan, menjaga kesehatan itu wajib akan tetapi asuransi kesehatan juga harusnya tidak boleh disepelekan. Tidak ada orang yang ingin sakit tapi dimasa yang akan datang kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi, semoga saja sehat selalu. Penggunaan asuransi kesehatan adalah untuk membantu meringankan biaya dalam proses pengobatannya, sehingga dapat mengurangi beban biaya yang akan dikeluarkan.

5. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Apabila kamu mempunyai budget lebih tidak ada salahnya bila asuransi ini masuk kedalam pertimbanganmu. Asuransi ini bertujuan melindungi aset propertimu dari kehancuran akibat bencana alam, kebakaran, dan lain sebagainya. Dengan adanya asuransi ini akan membantu meringankan beban yang ditimbulkan akibat kerusakan properti tersebut.

6. Asuransi Bisnis

Bagi anda pelaku usaha apalagi yang skala usahanya sudah pada level menengah keatas asuransi menjadi hal yang wajib anda pikirkan untuk masuk checklist anggaran anda. Dengan adanya asuransi bisnis akan melindungi bisnis anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misal kebakaran tempat usaha, bencana alam, kehilangan maupun kerugian yang dialami oleh bisnis tersebut.

7. Asuransi Kecelakaan

Sesuai dengan namanya jika anda mau memfasilitasi diri anda dari kecelakaan maka ada baiknya juga memiliki asuransi ini apalagi jika anda memiliki mobilitas yang tinggi dan lebih banyak melakukan aktifitas dengan kendaraan. Tidak ada yang menginginkan terjadinya kecelakaan akan tetapi dengan adanya proteksi ini setidaknya akan membantu meringankan beban atas resiko yang terjadi baik itu berupa biaya pengobatan, rawat inap/jalan, ataupun berupa santunan jika mengalami cacat tetap.

8. Asuransi Pensiun

Jenis asuransi ini juga tidak boleh disepelekan, karena perencanaan akan bekal dihari tua nanti juga wajib diperlukan agar ketika Anda menyongsong hari tua nanti bisa nyaman dan tenang tanpa sibuk masih harus memikirkan urusan nafkah. Apalagi bagi yang berprofesi dibidang swasta yang tidak ada jaminan untuk masa tua nanti, setidaknya dengan adanya asuransi ini kita bisa sedikit merasa lebih tenang ketika menyongsong hari tua nanti dan bisa menikmati hari tua nanti dengan bahagia.

9. Asuransi Unit Link

Asuransi ini bukan termasuk ke dalam jenis asuransi tradisional, akan tetapi bisa digolongkan sebagai semi asuransi karena merupakan produk turunan asuransi plus investasi. Unit Link merupakan asuransi dengan dua kantong, satu kantong proteksi dan satu kantong lagi investasi. Uang premi sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada reksadana dalam bentuk Unit Link. Jadi anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus, membeli asuransi sekalian juga berinvestasi.

10. Asuransi Syariah

Bagi anda yang muslim yang mengutamakan produk yang sesuai berdasarkan kaidah islam makan asuransi syariah bisa menjadi pilihan anda. Akad, proses dan manfaat sesuai dengan ketentuan secara islami dan terjaga halal haramnya dan lebih fair karena berdasarkan kesepakatan antara pemegang polisi dengan perusahaan asuransi.

Itulah Beberapa jenis produk asuransi yang populer beserta ulasannya, untuk penjabaran lebih lanjut nanti akan kita bahas satu-satu. Minimal saat ini anda sudah mengetahui jenis produk asuransi secara garis besarnya. Tinggal bagaimana keputusan anda untuk memilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda.

Artikel Terkait

Leave a Comment