Istilah – istilah Dalam Kamus Asuransi

Kamus asuransi – Ada banyak istilah dalam kamus asuransi yang belum banyak diketahui oleh orang awam. Istilah-istilah ini wajib kamu pahami supaya tidak gagal paham dalam bertransaksi sebuah produk asuransi sehingga nantinya kamu akan mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk asuransi yang kamu beli berikut manfaatnya.

Dengan memahami sedikit istilah berikut ini tentunya kamu akan “nyambung” Ketika si agen menjelaskan dengan detail produk asuransi yang kamu pilih.

20 Istilah dalam Kamus Asuransi yang wajib kamu ketahui

Setidaknya ada 20 istilah-istilah dalam asuransi yang umum yang harus kamu ketahui sebelum membeli sebuah produk asuransi. Berikut ini istilah-istilah tersebut yang kami kutip dari beberapa sumber dan wajib kamu ketahui sebelum kamu membeli sebuah produk asuransi.

1. Agen

Karyawan perusahaan asuransi yang bertugas untuk memasarkan dan melayani nasabah mulai dari penawaran produk, proses pembelian asuransi, sampai dengan pelayanan after sales.

2. Risiko

Risiko atau resiko adalah berbagai kemungkinan buruk yang dapat menimpa seseorang. Menjadi dasar dalam pemilihan produk asuransi yang sesuai.

3. Occupational Risk / Hazard

Resiko dari pekerjaan pemegang polis. Ini akan menjadi dasar pertimbangan pihak perusahaan asuransi sebelum menyetujui pengajuan asuransi anda.

4. Mortalitas

Waktu perkiraan kematian yang tidak pasti atau juga bisa digunakan untuk menyebut frekuensi kematian.

5. Premi

Nominal pembayaran yang disetujui oleh pemegang polisi dan perusahaan asuransi. Pembayaran premi akan dilaksanakan sesuai dengan perjanjian, bisa bulanan, tahunan ataupun sesuai dengan kesepakatan bersama.

6. Rider

Produk tambahan dari asuransi untuk menambah pertanggungan dari manfaat utama atau tambahan proteksi asuransi dengan biaya yang lebih murah.

7. Polis

Perjanjian yang dilakukan antara pihak pemegang polis (konsumen) dengan pihak perusahaan asuransi.

8. Polis Asuransi

Kesepakatan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi untuk melakukan kewajiban seperti yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

9. Pemegang Polis

Orang yang terikat dengan perjanjian yang dibuat dengan perusahaan asuransi dan bertanggung jawab atas segala kewajibannya terhadap perusahaan asuransi.

10. Tertanggung

Orang yang jiwa atau kesehatannya ditanggung perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian atau kontrak asuransi.

11. Ahli Waris

Nama orang yang tercantum dalam Polis asuransi sebagai pihak yang menerima santunan apabila terjadi kematian pada tertanggung.

12. Uang Pertanggungan

Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi kalau terjadi klaim dari pemegang polis atau resiko yang dijamin dalam program asuransi.

13. Ilustrasi Polis

Proyeksi dari manfaat asuransi yang bakal diterima oleh pihak pemegang polis.

14. Klausul

Pasal-pasal yang terdapat pada perjanjian kontrak asuransi yang harus dipatuhi pemegang polis dan perusahaan asuransi.

15. Biaya Akuisisi

Biaya yang dikeluarkan saat penerbitan polis.

16. Biaya Top-Up

Biaya yang dikeluarkan saat membayar premi baik secara berkala ataupun tinggal.

17. Cuti Premi

Sebuah fitur dalam asuransi yang boleh digunakan oleh nasabah apabila ingin berhenti membayar premi untuk sementara waktu dikarenakan ada sesuatu hal.

18. Masa Tenggang

Batas akhir yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pihak pemegang polis untuk membayar premi yang sudah disepakati.

19. Lapse

Premi yang tidak dibayarkan hingga melampaui masa tenggang sehingga bisa membuat polis menjadi batal (masa efektif polis berhenti).

20. Klaim

Tuntutan yang diberikan pihak pemegang polis asuransi untuk mendapatkan hak dengan sebagaimana mestinya agar pihak asuransi membayarkan kondisi sesuai prosedur yang ada.

Nah, itulah 20 istilah dalam kamus asuransi yang penting untuk dipahami agar tidak gagal paham dalam proses pembelian asuransi. Semoga penjelasan istilah-istilah asuransi diatas bisa membantu Anda untuk paham dengan asuransi.

Artikel Terkait

Leave a Comment