Ingin Sukses Bisnis Fashion? Jangan Lakukan Hal Ini!

Ingin Sukses Bisnis Fashion? Jangan Lakukan Hal Ini! Dunia bisnis digital meroket di era sekarang. Karena itu, tidak heran jika semua orang berlomba-lomba menjajal peruntungannya di bidang bisnis. Mulai dari para public figure yang memang sudah punya nama sampai orang biasa, mencoba membut brand produknya sendiri.

Salah satu yang paling digemari dan tidak akan pernah mati adalah bisnis dalam bidang fashion atau pakaian. Khususnya di Indonesia yang punya tipe masyarakat konsumtif, bisa dikatakan hampir semua jenis fashion laku di mana-mana. Nah, apakah Anda sedang merintis bisnis yang satu ini? Jika iya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan demi suksesnya bisnis pakaian Anda. Apa saja?

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Melakukan Bisnis Fashion

1. Semua Dijual

Mungkin, maksud Anda adalah ingin melayani pembeli dengan persediaan barang yang lengkap. Misalnya, jika pembeli ingin blazer, di toko Anda ada. Pembeli ingin pakaian bayi, di toko Anda juga tersedia. Namun, tahukah Anda bahwa cara main yang lebih mendongkrak dalam bisnis fashion bukanlah seperti itu? Ingat, Anda membuka toko pakaian, bukan toko serba ada.

Maka, fokus pada salah satu produk yang dijual adalah hal utama. Ini akan membuat toko Anda lebih mudah dikenali dan pelanggan pun tidak akan bingung. Jika ingin menjual pakaian bayi, juallah pakaian bayi saja, jangan merangkap dengan pakaian ibunya juga. Dengan fokus seperti ini, Anda akan lebih mudah membangun branding dan pelanggan akan lebih mudah mengingat toko Anda.

2. Tidak Punya Bekal Ilmu

Melihat tetangga sebelah sukses dengan bisnis fashion yang dijalaninya, mungkin membuat Anda sangat tergiur. Namun, satu hal yang pasti, jangan asal nyemplung tanpa pegangan ilmu yang mumpuni. Meski kelihatannya sepele, nyatanya berbisnis tidak semudah membalik telapak tangan.

Apalagi dengan bisnis digital atau online. Mengingat saingannya sangat banyak, Anda butuh ilmu yang cukup untuk terjun ke dalamnya. Bisnis online tidak sekadar punya barang dan promosi. Ada banyak hal lain yang berperan sangat penting untuk optimasi produk Anda. Karena itu, jangan segan untuk terus menggali ilmu dengan mengikuti seminar atau kelas-kelas berbisnis online misalnya.

3. Gagap Teknologi dan Medsos

Wah, jika Anda sedang membangun bisnis fashion secara online, maka gagap teknologi adalah pantangan besar. Sebagai pebisnis online, Anda mau tidak mau harus belajar teknologi dan aktif di media sosial. Berjualan di medsos seperti facebook dan instagram adalah hal yang menjanjikan untuk perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan toko di berbagai e-commerce yang saat ini sangat digandrungi masyarakat. Tentunya, hal ini tidak bisa Anda lakukan jika Anda gagap teknologi. Karena itu, perangkat penunjang seperti smartphone dan kuota adalah benda wajib yang harus dimiliki jika ingin bisnis Anda lancar. Bahkan, jika misalnya Anda sudah punya toko offline, membuat official toko online adalah hal wajib jika ingin bisnis tersebut berkembang pesat.

4. Tidak Ikut Tren

Bisnis fashion adalah bisnis yang sangat dinamis. Tren terus berubah dalam waktu yang singkat. Jika Anda tidak mengikut tren yang sedang in saat ini, maka bersiaplah tergilas. Bahkan, untuk jualan daster saja Anda harus selalu update dengan model yang sedang disenangi, lho!

Nah, itu dia beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan jika ingin bisnis fashion yang Anda bangun tidak segera gulung tikar. Jangan lupa, pengaturan uang dan modal juga hal penting yang harus dikuasai. Selamat berbisnis, semoga sukses!

Artikel Terkait

Leave a Comment