Ide Bisnis Rumahan di Masa Pandemi

Sungguh memprihatinkan melihat update informasi wabah Corona yang kian berkembang secara masif. Dampak yang diakibatkan sudah merambah ke beberapa sektor, tak terkecuali perekonomian dan industri. Tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar. Akibatnya, berbagai perusahaan memutuskan untuk merumahkan karyawannya bahkan ada yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Keadaan seperti ini tentu saja menjadi pukulan berat, bahkan beberapa diantaranya mengalami frustasi. Memang cukup wajar, karena secara tiba-tiba harus kehilangan sumber penghasilan. Sementara di rumah ada keluarga yang harus dinafkahi.

Wabah virus Corona ini memang belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir. Sehingga sudah semestinya, untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil maka harus memiliki ide dan mencari penghasilan lain yang setidaknya bisa dikerjakan dari rumah.

Usaha rumahan merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan. Umumnya modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, selain itu lebih fleksibel. Untuk memulai peluang usaha rumahan di saat Pandemi seperti sekarang ini, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan bakat dan minat untuk membuat sesuatu sehingga diminati atau dibutuhkan orang lain.

Anda ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan?

Memulai usaha kecil-kecilan bisa menjadi salah satu jalan yang tepat. Jenis usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga yaitu usaha rumahan. Anda tidak perlu keluar rumah namun bisnis tetap berjalan. Hal ini memberikan keuntungan bagi Anda. Sebab pekerjaan rumah dapat diselesaikan dengan baik sedangkan bisnis pun berjalan.

Ide Bisnis Rumahan Di Masa Pandemi

Berikut ini adalah 17 peluang usaha rumahan yang sudah cukup banyak di lakoni dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

  1. Jual BPOB

Internet semakin banyak digunakan sehingga kebutuhan masyarakat akan pulsa dan paket internet meningkat pesan. Anda dapat memanfaatkan situasi ini untuk berbisnis dari rumah.

Menjual pulsa dan paket internet tidak memerlukan modal yang besar. Apalagi Anda berjualan di rumah. Dengan cara ini, Anda tak perlu menyewa ruko dan lain sebagainya.

Agar bisnis pulsa dan paket internet bisa terus berjalan, hindari memberikan utang kepada konsumen. Umumnya, memberikan keuntungan bisa menghambat perputaran modal usaha.

  1. Penjahit

Jika Anda memiliki keahlian menjahit pakaian, coba manfaatkan untuk membuka bisnis jasa. Peluang akan semakin bagus jika di sekitar Anda belum ada penjahit.

Biasanya, pesanan jahit akan meningkat pesan mendekati hari raya dan tahun ajaran baru. Di masa inilah waktu yang tepat untuk memulai membuka jasa jahit.

Saat hari biasa dan tak banyak pesanan, Anda dapat mengerjakan perbaikan pakaian atau permak. Jasa permak selalu dicari orang karena ukuran baju yang ada di toko sering kali tidak pas dengan badan pemakai.

  1. Katering

Kesibukan bekerja sering kali menjadi penyebab makan tidak teratur. Jarang sekali pekerja memiliki waktu luang untuk memasak makanan. Alhasil, mereka lebih memilih untuk memesan katering.

Jika Anda tinggal di kota besar, cobalah untuk membuka usaha katering harian. Target pasarnya yaitu para pekerja dan mahasiswa.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang ahli dan senang memasak. Buatlah menu-menu makanan sehat dan lezat. Promosikan melalui media sosial untuk mendapatkan pelanggan.

Dalam bisnis katering harian, Anda dituntut untuk kreatif dalam menyajikan makanan. Buatlah menu yang beragam agar pelanggan tidak bosan.

  1. Jasa Cuci Kendaraan

Jumlah kendaraan pribadi selalu mengalami peningkatan setiap hari, terutama sepeda motor. Hal ini didorong oleh kemudahan pengajuan kredit.

Tahukah Anda bahwa semakin banyaknya jumlah sepeda motor bisa menjadi peluang bisnis yang bagus? Ya, Anda bisa membuka jasa pencucian sepeda motor di rumah.

Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis yang satu ini. Barang yang Anda butuhkan antara lain kompresor, selang, sabun, dan kain untuk mencuci. Semuanya dapat dibeli dengan harga sekitar 6 juta rupiah.

Kompresor bekas sudah cukup dan tidak perlu membeli yang baru. Asalkan masih berfungsi dengan baik, barang bekas pakai tak menjadi masalah.

  1. Laundry

Anda punya mesin cuci di rumah? Manfaatkan alat ini sebagai modal awal untuk membuka usaha laundry kiloan.

Target pasar utamanya adalah tetangga sekitar rumah yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri. Anda dapat menawarkan berbagai macam jasa seperti cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain sebagainya.

Kunci kesuksesan bisnis laundry yaitu selalu memuaskan konsumen. Jaga setiap pakaian pelanggan agar selalu dalam keadaan baik. Cuci pakaian dengan bersih, tata dengan rapi, dan wangi.

Selain usaha laundry kiloan, Anda juga bisa menjalankan bisnis laundry sepatu, apalagi anak muda zaman sekarang selalu ingin sepatunya terlihat bersih.

  1. Jasa Pembukuan UMKM

UMKM memerlukan pembukuan yang teratur agar usahanya dapat berjalan dengan lancar. Tujuan dilakukan pembukuan yaitu untuk memantau kondisi keuangan usaha.

Apabila di sekitar tempat tinggal Anda terdapat banyak UMKM, cobalah untuk menawarkan jasa pembukuan kepada mereka. Jasa ini bisa menjadi satu peluang usaha rumahan ibu rumah tangga. Untuk bea jasa, Anda dapat menawarkan nominal yang tidak terlalu besar.

Di aplikasi tersebut, Anda bisa membuat pembukuan untuk beberapa unit usaha sekaligus. Anda juga hanya perlu memasukkan data karena perhitungan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi.

  1. Jasa Penitipan

Banyak orang yang kebingungan ketika harus meninggalkan binatang peliharaan di rumah. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha jasa penitipan hewan.

Manfaatkan lahan sisa yang ada di rumah untuk merawat binatang yang dititipkan kepada Anda. Apabila memungkinkan, Anda juga bisa menawarkan jasa lain seperti grooming.

Khusus untuk jasa grooming, Anda bisa menggunakan sistem panggilan. Ketika ingin menggunakan jasa, pelanggan akan mengubungi Anda melalui telepon atau pesan singkat.

  1. Produksi Snack

Peluang bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah produksi makanan ringan. Usaha ini mudah dilakukan dan sangat erat kaitannya dengan ibu-ibu.

Siapa sih yang tidak suka snack? Makanan kecil ini biasa menemani berbagai aktivitas mulai dari yang santai seperti menonton televisi hingga yang serius seperti rapat.

Bisnis snack memiliki jangkauan pasar yang sangat luas. Oleh sebab itu, peluang Anda akan semakin besar di bisnis yang satu ini. Agar mudah diterima oleh masyarakat, buatlah snack dengan cita rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Untuk pemasaran, Anda dapat melakukannya melalui media sosial dan menawarkan langsung ke tetangga sekitar rumah. Atau anda juga bisa memanfaatkan Internet untuk menjual produk snack Anda produksi.

Anda bisa manfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, BukaLapak maupun Shopee atau anda juga bisa manfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis snack Anda

  1. Budidaya Ikan Hias

Apakah Anda gemar merawat ikan hias di rumah? Hobi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Beberapa jenis ikan hias mempunyai harga jual yang tinggi.

Merawat ikan hias pun tidak terlalu rumit. Terlebih jika Anda sudah sejak lama menekuni hobi ini. Tentu Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menjalankan bisnis budidaya ikan hias.

Kunci agar bisnis sukses yaitu tetap fokus pada bisnis dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

  1. Jasa Potong Rambut

Jasa potong rambut banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Anda dapat memulai bisnis jasa potong rambut khusus wanita. Alih-alih memotong rambut di salon yang biayanya mahal, masyarakat sekitar dapat menggunakan jasa Anda. Ide ini cukup unik karena sebenarnya orang akan lebih memilih jasa yang biayanya lebih murah. Meskipun biaya jasanya tak semahal di salon, Anda tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik.

  1. Service Handphone

Service handphone biasanya ditekuni oleh laki-laki. Namun tak ada salahnya apabila ibu rumah tangga seperti Anda menjalankan bisnis ini. Apalagi jika Anda telah memiliki keahlian memperbaiki ponsel sebelumnya.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa servis handphone tidak terlalu besar. Anda cukup menyiapkan peralatan seperti obeng, alat pemanas, lem, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sparepart, Anda dapat membelinya jika pelanggan membutuhkan. Tidak perlu menyediakan stok di permulaan bisnis.

  1. Toko Kelontong

Bisnis yang terakhir ini paling banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah dapat diselesaikan sekaligus menunggu pembeli datang ke toko kelontong. Anda dapat memanfaatkan area depan rumah untuk membangun toko. Modal yang dibutuhkan pun tidak begitu besar. Sediakan bahan pokok saja terlebih dahulu.

  1. Usaha Online

Memanfaatkan kemajuan teknologi, usaha online sudah banyak digandrungi bahkan sebelum wabah Pandemi menjangkit. Ide usaha online ini sangat beragam dan fleksibel, hanya perlu memanfaatkan internet dan laptop atau smartphone saja.

Terlebih di tengah pembatasan sosial seperti sekarang, dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam rumah yang justru meningkatkan penggunaan internet -termasuk untuk berbelanja. Menjalankan usaha online bisa dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan lapak-lapak e-commerce yang kian banyak tersedia, atau bisa juga membuat toko online via website pribadi, bahkan menggunakan media sosial.

  1. Usaha Pembuatan Kain Masker

Selama masa pandemi ini, masker menjadi barang wajib dikenakan, terlebih ketika harus melakukan aktivitas di luar rumah. Fenomena ini membuat masker medis menjadi barang yang cukup langka -apalagi sempat adanya kelangkaan dan kalaupun ada harganya terbilang tinggi. Sampai kemudian, keluar himbauan bahwa masker medis diperuntukkan bagi para pejuang garda terdepan dalam menangani pasien covid dan untuk masyarakat bisa dengan masker kain sebagai alternatif.

Dan hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi yang memiliki keterampilan menjahit Menjalani usaha masker kain bisa sangat menguntungkan untuk dijalankan.

  1. Usaha Catering Harian

Salah satu usaha yang menjanjikan adalah berjualan makanan. Ini sudah pasti menjadi peluang usaha yang bagus bagi yang memiliki kemampuan memasak mumpuni dengan menjalani usaha catering harian.

Wabah virus corona membuat sebagian masyarakat mulai concern dalam menjaga kesehatan, salah satunya menjaga pola dan asupan makan yang lebih sehat. Bisa dengan menjalani catering yang menghadirkan menu-menu sehat dan bergizi seimbang.

  1. Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

Di saat Pandemi, aktifitas di luar rumah dibatasi dan sebisa mungkin tidak kemana-mana, kecuali untuk hal yang begitu mendesak. Dan hal ini justru membuat seseorang lebih sering menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Apalagi bagi orang yang tidak piawai memasak, sehingga lebih sering membuat makanan yang cenderung simpel dan mudah, seperti Frozen food misalnya.

Nah, ini juga bisa jadi peluang usaha. Menjalankan usaha frozen food tidak terlalu sulit. Setidaknya, yang harus disiapkan adalah freezer dan persediaan frozen food yang beragam.

  1. Usaha Menulis/ Content Writer

Pernah dengar istilah ‘hal yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar’? Nah jika memiliki hobi menulis, bisa memanfaatkannya dengan menjadi penulis lepas atau content writer.

Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya bisa dengan menulis sebuah cerita pendek dan menjualnya, atau mempostingnya di blog pribadi. Pekerjaan sebagai editor di sebuah perusahaan penerbit atau outlet media online juga bisa menjadi pilihan.

Yang terpenting adalah menemukan fokus dan kesukaan dalam menulis. Setelah itu, perdalam lagi ilmunya, misalnya saja dengan memperdalam pemahaman Search Engine Optimization (SEO) dan menerapkannya untuk meningkatkan nilai jual dengan harga pantas

Itulah beberapa peluang usaha rumahan yang patut dicoba untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah di tengah pandemi corona. Tetap semangat untuk menemukan peluang usaha, dan jangan lupa untuk membeli produk Asuransi Usaha A+ dari Aswata untuk melindungi usaha kamu dari segala kemalangan dan merugikan secara finansial di kemudian hari.

Artikel Terkait

Leave a Comment