Harga Jasa Service AC Di Tangerang

Harga Service AC
Harga Service AC

Bagi Anda yang mempunyai AC di rumah ataupun kantor, secara berkala tentu harus dilakukan servis supaya fungsi mendinginkan ruangan tetap optimal. Harga jasa service AC juga amat4 penting diketahui, sehingga dikala waktu perawatan tiba Anda telah mempunyai dana untuk membayar penyedia jasa service AC tersebut.

Rincian Pelayanan Service AC di Tangerang

Setidaknya ada delapan pelayanan yang lazimnya disediakan oleh jasa service AC. Masing-masing mempunyai manfaat untuk mengoptimalkan kemampuan AC. Ingin tahu apa saja pelayanan itu?

Dibawah ini Jenis Layanan Service AC di Tangerang:

  1. Servis Cuci AC

Servis cuci AC merupakan jasa servis yang ditujukan untuk membersihkan bagian luar dan dalam AC. Perawatan ini perlu dikerjakan secara rutin sebab AC digunakan secara terus-menerus dan rentan terhadap debu.Seandainya jarang dibersihkan, debu yang menumpuk akan membuat AC menjadi tak dingin seperti biasanya.

Waktu tepat untuk memakai jasa servis cuci AC adalah sekitar tiga hingga empat bulan sekali. Ini tergantung intensitas penggunaan dan tingkat polusi di rumah anda.

  1. Tambah Freon AC

Freon adalah komponen terpenting pada AC yang digunakan untuk mengatur temperatur ruangan.Saat kadar freon kurang, AC akan jadi tak dingin. maka dari itu perlu ada penambahan freon. Umumnya, penambahan freon ini dilakukan tiap satu tahun sekali.

  1. Isi Freon AC

Berbeda dengan penambahan freon, pengisian freon ini dilakukan ketika adanya indikasi kebocoran pada instalasi AC. Jenis freon sendiri terdiri dari tipe R22, R32, dan R410A.

  1. Bongkar AC

Jasa bongkar ini dilakukan untuk membongkar instalasi AC saat sudah tak lagi Ingin memakai AC. Jasanya juga bisa dipakai jika kamu Mau menggantinya dengan yang baru.Meskipun bisa dilakukan sendiri, proses pembongkaran ini sebaiknya dilakukan orang yang ahlinya supaya tidak terjadi hal-hal buruk.

  1. Bongkar Pasang

Jasa bongkar pasang ini diperuntukkan untuk memindahkan lokasi instalasi AC dari satu tempat ke tempat lainnya. Seumpama ingin untuk dipindahkan ke ruangan atau bangunan yang berbeda.

  1. Las Sambungan Pipa Freon

Pipa freon adalah komponen AC yang berfungsi untuk menurunkan kompresi dan membatasi aliran freon. Jasa las sambungan ini diperuntukkan untuk menambah pipa freon, agar tekanan freon tak tinggi dan kompresor tidak cepat rusak.

  1. Las Kebocoran Pipa Freon

Pipa freon bisa mengalami kebocoran dan dapat menyebabkan AC menjadi tak dingin. Untuk menyelesaikan persoalan ini, pipa freon yang bocor perlu segera dilas agar freon tak terbuang percuma.

  1. Pengecekan AC

Pengecekan AC dibutuhkan untuk menentukan kondisi AC, apakah terdapat masalah atau tidak. Perlu kamu tau, pengecekan AC ini akan dikenakan biaya apabila anda tidak menggunakan jasa yang lainnya.

List Harga Jasa Service AC di Tangerang

Berikut ini list harga jasa service AC di Tangerang terkini. Bisa menjadi acuan Anda saat akan memilih layanan yang dibutuhkan. Tetapi ingat, harga ini dapat berubah-ubah tiap waktu sehingga Anda perlu mengecek update info secara berkala .

Jasa

Harga

Servis Cuci 0,5 – 1 PK

Rp63.000

Servis Cuci 1,5 – 2 PK

Rp74.000

Tambah Freon R22 0,5 – 1 PK

Rp153.000

Tambah Freon R22 1,5 – 2 PK

Rp204.000

Tambah Freon R32/R410 0,5 – 1 PK

Rp203.000

Tambah Freon R32/R410 1,5 – 2 PK

Rp255.000

Isi Freon R22 0,5 – 1 PK

Rp255.000

Isi Freon R22 1,5 – 2 PK

Rp355.000

Isi Freon R32/R410 0,5 – 1 PK

Rp353.000

Isi Freon R32/R410 1,5 – 2 PK

Rp454.000

Bongkar AC

Rp103.000

Pasang AC 0,5 – 1 PK

Rp254.000

Pasang AC 1,5 – 2 PK

Rp324.000

Bongkar Pasang AC 0,5 – 1 PK

Rp355.000

Bongkar Pasang AC 1,5 – 2 PK

Rp424.000

Penggantian Kapasitor AC 0,5 – 1 PK (part dan jasa)

Rp224.000

Penggantian Kapasitor AC 1,5 – 2 PK (part dan jasa)

Rp303.000

Bobok Tembok Per MEter

Rp53.000

Las Sambungan Pipa Freon Per Titik

Rp105.000

Las Perbaikan Kebocoran Pipa + Isi Freon

Rp504.000

Pengecekan AC**

Rp754.000

6 Pertanda AC Harus Segera Diperbaiki

AC terkadang butuh dirawat atau dibetulkan. Bagaimana cara mengetahuinya apabila Anda kurang mengerti soal AC? Tenang saja, AC akan memberi tahu dengan 6 Pertanda berikut ini.

  • Tidak muncul angin dingin

Angin yang dihasilkan AC tidak dingin dalam rentang waktu yang semestinya, bisa terjadi karena kompresor tidak berfungsi, freon bocor, atau arus pendek dalam AC.

  • AC Bising

AC mengeluarkan suara aneh? Mungkin komponen blower AC longgar dan perlu dikencangkan.

  • AC bocor/beku

Kebocoran yang dialami AC Anda menunjukkan indikasi adanya kondensasi yang bermasalah. Begitu juga dengan timbulnya bunga es pada AC.

  • Tagihan listrik naik

Tagihan listrik mendadak bengkak walaupun Anda tidak menyalakan AC secara berlebihan? Artinya, AC Anda tidak bekerja secara efisien. Cepat lakukan pengecekan ya!

  • Beraroma apek

Saat angin yang berasal dari AC baunya apek, bisa jadi diakibatkan oleh jamur dan kotoran yang ada di saluran AC. Dua hal ini akan menghalangi saluran AC serta mengeluarkan bau apek.

  • Umur AC

Usia AC rata-rata mencapai 15-20 tahun. Apabila AC yang Anda pakai mendekati “masa tua”, tentu Anda memerlukan jasa perawatan untuk mengurangi kerusakan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Tipe AC dan Perawatannya

Penyejuk udara atau pengkondisi udara atau penyaman udara atau erkon atau AC (bahasa inggris : air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu ruangan yang digunakan untuk pendinginan ataupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu.

Konsep pendingin udara diketahui sudah dipakai di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pendingin modern ada dari kemajuan dalam ilmu kimia pada abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Kebutuhan AC saat ini memang semestinya untuk menunjang kinerja di perkantoran agar lebih nyaman. Di perumahan juga demikian, keberadaan AC sangat diperlukan yang ujung-ujungnya adalah demi kenyamanan.

Di pasaran, terdapat banyak variasi AC, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. AC Split Wall

AC Split Wall ialah tipe AC yang paling umum dipakai di rumah, kantor ataupun instansi – instansi di Indonesia, ini karena sebagian faktor mulai dari mudahnya perawatan dan support.

AC ini terbagi menjadi dua komponen yaitu AC Indoor dan Outdoor. AC Indoor adalah bagian yang mengeluarkan hawa dingin dan AC Outdoor ialah bagian tempat dimana mesin berada. Acapkali AC outdoor ditempatkan diluar ruangan sebab mengeluarkan hawa yang panas dan kadangkala suaranya yang berisik

Kelebihan AC Split Wall :

– Bisa dipasang pada ruangan yang tak terkait dengan udara luar, semisal pada ruangan yang ada ditengah pada bangunan Ruko, karena condenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan ditempat yang terhubung dengan udara luar jauh dari ruangan yang didinginkan.

– Bunyi didalam ruangan tak berisik.

Kekurangan AC Split Wall:

– Pemasangan pertama maupun pembongkaran apabila akan dipindahkan memerlukan tenaga yang banyak.

– Pemeliharaan/perawatan membutuhkan perlengkapan khusus dan tenaga yang banyak.

– Harganya terlalu mahal.

  1. AC Window

AC Window ialah AC yang bentuknya kotak dan dalam penggunaannya tak menggunakan remote. Karena tombol kontrol telah terintegrasi dengan AC ini. AC ini hanya terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri dan tidak ada istilah AC outdoor dan AC indoor.

AC ini sudah tak diproduksi lagi sebab dianggap telah ketinggalan jaman dan karena tidak ada unit outdoor yang membuat AC ini tidak praktis. Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 pk – 2.5 pk.

  1. AC Sentral

Pada AC jenis ini, udara dari bangunan didinginkan pada cooling plant diluar ruangan/bangunan tersebut lalu udara yang sudah dingin dialirkan kembali kedalam ruangan/bangunan tersebut. AC jenis ini umumnya dipergunakan di hotel atau mall.

  1. AC Standing Floor

AC Standing Floor {adalah|ialah|merupakan AC yang unit Indoornya berdiri dan mudah dipindahkan. Sebab kepraktisannya ini, AC ini kerap kali digunakan dalam acara-acara seperti acara ulang tahun, perkawinan, hajatan dan acara lainnya.

AC ini bisa dioperasikan dengan remote control. AC ini memiliki bagian Indoor dan komponen Outdoor. Kapasitas AC ini mulai dari 2pk – 5pk.

  1. AC Cassette

Tipe AC Cassette ini, indoornya menempel di plafon. jenis AC Cassette dengan bermacam-macam ukuran mulai dari 1.5pk sampai dengan 6pk.

Cara pemasangan ac ini memerlukan keahlian khusus dan tenaga extra, tak seperti memasang ac rumah atau ac split, yang bisa dipasang sendirian.

  1. AC Split Duct

AC Split Duct adalah AC yang penempatan hawa dinginnya menggunakan Metode Ducting. Ini artinya, AC Split Duct tak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu spot. Jenis AC ini biasanya diaplikasikan di Mall atau gedung-gedung yang mempunyai ruangan luas.

AC Split Duct tak pernah terlepas dari metode Ducting yang ialah komponen penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin atau panas ke gedung yang akan dikondisikan.

Perkembangan desain ducting untuk AC sampai saat ini amat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi tenaga, material, pengaplikasian ruang, dan perawatan.

Kelebihan AC Split Duct :

  • Bunyi didalam ruangan tak bising sama sekali.
  • Keindahan ruangan terjaga, karena tidak ada unit indoor.

Kekurangan AC Split Duct :

  • Perencanaan, instalasi, operasi dan pemeliharaan membutuhkan tenaga yang betul-betul terlatih.
  • Kalau terjadi kerusakan pada waktu beroperasi, maka dampaknya dapat dirasakan pada seluruh ruangan.
  • Pengontrolan suhu udara cuma bisa dilakukan pada sentral cooling plant. Biaya investasi awal serta biaya operasi dan pemeliharaan banyak.
  1. AC Inverter

AC Inverter ialah tipe AC Split yang menggunakan teknologi inverter. Teknologi Inverter yang ada di dalam unit AC adalah alat / komponen untuk mengontrol kecepatan motor-motor listrik.

Disini Inverternya terdiri dari Rectifier dan Pulse-width modulator. Dengan menggunakan Inverter, motor listrik menjadi variable speed, kecepatannya dapat diubah-ubah atau disetting sesuai dengan kebutuhan. Jadi dibandingkan AC Split biasa, type AC Inverter lebih hemat listrik ± 60%.

  1. AC VRV

VRV atau Variable Refrigerant Volume adalah metode kerja refrigerant yang berubah-ubah. VRV system ialah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi tenaga, melampaui lebih banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Sentral, AC Split, atau AC Split Duct.

Jadi dengan VRV System, satu outdoor dapat dipakai untuk lebih dari 2 indoor AC serta dapat menentukan jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara tersistemasi.

Demikian list harga jasa service AC di Tangerang beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang hingga sekarang masih kebingungan mencari info harga – harga service AC di Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.