Contoh Kerja Paruh Waktu

Loading...

Semakin meningkatnya kebutuhan hidup membuat banyak orang berpikir untuk memiliki pekerjaan paruh waktu untuk memberikan penghasilan tambahan. Bukan hanya orang dewasa saja yang memiliki pemikiran seperti ini. Namun dari mulai pelajar hingga anak kuliahan pun banyak yang memiliki keinginan untuk bekerja paruh waktu.

Tips Mencari Kerja Paruh Waktu

Sekarang ini, mencari lowongan part time sudah sangat dimudahkan dengan internet. Berikut beberapa tips cara mencari kerja part time yang bisa kamu lakukan.

1. Follow Akun Sosmed Loker Daerah

Ada banyak akun sosmed yang khusus mengkurasi lowongan kerja berbasis daerah. Jika kamu search Loker Jogja, Loker Jakarta, Loker Bandung, dll di platform sosial media, kamu pasti bisa menemukannya, bahkan ada beberapa akun.

Kamu bisa follow salah satu akun yang sekiranya cukup aktif mengupdate informasi. Selain menunggu info pekerjaan yang sekiranya cocok, kamu juga bisa “jual diri” dengan menunjukan profilmu. Siapa tahu ada orang yang membutuhkan jasamu dan mau mempekerjakanmu.

2. Memanfaatkan Platform Loker

Saat ini sudah ada banyak platform web yang menyediakan berbagai jenis lowongan kerja. Kamu bisa mendaftar di beberapa platform yang menyediakan kategori part time. Kemudian, cobalah untuk aktif mencari lowongan melalui akun tersebut.

3. Memanfaatkan Platform Freelance

Di platform ini cukup banyak tersedia lowongan kerja part time online untuk mahasiswa. Platform ini menjadi pusat bertemunya para pencari kerja part time dan orang-orang yang butuh pekerja part time.

Di platform semacam ini kamu akan bersaing dengan berbagai pekerja freelance dan harus saling mempromosikan diri supaya orang yang memposting pekerjaan freelance atau pemilik proyek mau mempekerjakanmu.

4. Jaringan Informasi Kampus

Nah, setiap kampus biasanya juga memiliki jaringan informasi yang berjalan secara natural menyampaikan berbagai informasi. Mulai dari informasi mengenai program magang hingga kerja paruh waktu.

Kamu harus cukup aktif mencari tahu informasi semacam ini supaya bisa mendapat update lebih cepat.

Pekerjaan Paruh Waktu atau part time Yang Banyak Diminati

Nah jika Anda ingin untuk melakukan pekerjaan paruh waktu untuk memberikan penghasilan tambahan maka sebaiknya simak artikel di bawah ini. Karena Kami akan membahas tentang beberapa pekerjaan paruh waktu yang terlihat remeh namun ternyata banyak yang berminat untuk melakoninya.

Loading...

1. Dropshipper

Usaha jual beli online model dropship memang sangat diminati belakangan ini. Apalagi di musim pandemi, bisnis jenis ini ternyata terbilang menguntungkan jika dilakukan dengan serius. Ada banyak pebisnis dropshipper yang sukses hanya dengan menjalankan bisnis dropship ini. Yang terpenting adalah tekun dan sabar dalam menjalani bisnis ini dengan baik. Karena bisnis ini adalah jenis bisnis yang berjalan secara online.

2. Jual voucher internet

Masa pandemi ini mengharuskan banyak orang harus tetap berada di rumah saja. Hal ini membuka peluang usaha untuk jual beli voucher internet. Meski terlihat sampingan, namun ternyata bisnis ini bila ditekuni bisa memberikan hasil yang lumayan. Apalagi ini jenis usaha yang mudah untuk dilakukan darimana saja, kapan saja dan darimana saja.

3. Freelance writer

Kemudian jenis pekerjaan paruh waktu berikutnya adalah freelance writer atau penulis lepas. Pekerjaan paruh waktu ini bisa dikerjakan oleh siapa saja termasuk pelajar dan mahasiswa. Hanya dengan bermodalkan pintar mengolah kata dan membuat tulisan dengan baik, Anda sudah bisa menjadi freelance writer meski memiliki pekerjaan utama.

4. Jasa delivery order

Tertarik dengan jasa layan antar? Banyak lho jenis bisnis yang membutuhkan layanan jasa antar jemput produk yang mereka bisniskan. Apalagi di musim pandemi seperti ini, pastinya untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah layanan antar jemput akan sangat diminati masyarakat luas.

5. Youtuber

Memiliki hobi travelling atau membuat sesuatu yang bermanfaat? Anda bisa membagikannya pada orang lain dengan menjadi seorang Youtuber. Buat video dengan kualitas yang bagus kemudian posting di akun YouTube. Semakin banyak yang melihat video YouTube Anda akan semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan untung dari menjadi Youtuber.

6. Jasa ketik atau buat tugas

Bagi seorang pelajar, membuat tulisan, mengetik dan mengerjakan tugas menjadi satu kegiatan wajib setiap harinya. Akan mudah bagi Anda jika Anda menyukai kegiatan tersebut. Namun tak mudah untuk mereka yang tak menyukai kegiatan menulis, mengetik hingga mengerjakan tugas. Hal ini mendatangkan peluang tersendiri untuk menjadi pekerjaan paruh waktu yang menguntungkan untuk Anda.

7. Jual jajanan kekinian

Dan jenis usaha paruh waktu yang terakhir adalah dengan menjual jajanan kekinian. Jajanan kekinian seperti mie lidi, pentol bakso hingga tteobokki bisa Anda bisniskan. Jika Anda tak bisa membuatnya sendiri, beli saja yang sudah jadi dari pembuatnya langsung. Kemudian Anda kreasikan sendiri hingga memiliki ciri khas tersendiri.

Tips Bekerja Paruh Waktu Yang Sukses

Itulah beberapa jenis pekerjaan paruh waktu yang terkesan remeh namun ternyata banyak yang berminat untuk melakoninya. Lalu apakah ada tips khusus yang bisa dijalankan agar supaya bisa melakukan pekerjaan paruh waktu sehingga bisa sukses meski terlihat remeh.

Tips yang pertama adalah dengan memilih jenis pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan hobi Anda. Sehingga paling tidak Anda bisa menikmati pekerjaan yang Anda lakukan di sela waktu luang yang Anda miliki. Kemudian tips selanjutnya adalah dengan memilih pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Terutama jika Anda memiliki jenis pekerjaan yang lumayan tinggi kesibukannya. Hal itu akan sangat membantu Anda untuk bisa mengerjakan pekerjaan paruh waktu tersebut dengan baik meski Anda juga bekerja di tempat lainnya.

Tips berikutnya adalah dengan memilih pekerjaan paruh waktu yang sekiranya memang banyak dibutuhkan di lingkungan sekitar Anda. Seperti misalnya pekerjaan paruh waktu jual voucher internet. Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu apakah bisnis tersebut sudah ada atau belum di sekitar lingkungan Anda. Jika belum maka peluang Anda untuk berhasil tentunya jauh lebih besar.

Tips yang terakhir adalah dengan melakukan pekerjaan paruh waktu yang memang bisa Anda lakukan di sela waktu luang Anda. Jangan sampai pekerjaan paruh waktu Anda justru mengganggu pekerjaan utama yang Anda miliki. Dalam hal ini Anda juga dituntut untuk bisa memiliki manajemen waktu yang bagus agar semua aktivitas bisa diselesaikan dengan baik dan benar. Dimana pada akhirnya Andalah yang akan menuai sukses dari apa saja pekerjaan yang sudah Anda lakukan selama ini. Selamat mencoba dan semoga Anda sukses dengan pekerjaan paruh waktu Anda.

Loading...

Leave a Comment