Contoh Bisnis Modal Kecil Terbaru

Bisnis modal kecil tapi dapat menghasilkan keuntungan besar tentu menjadi dambaan para pelaku usaha. Semua impian tersebut dapat terwujud dengan tekad, kerja keras dan kemauan besar.

Pasalnya, tak sedikit orang yang mengurungkan keinginannya untuk membuka usaha karena takut tidak dapat bersaing apabila modal yang dimilikinya terbatas. Padahal banyak sekali pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dengan modal kecil.

Contohnya saja, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti yang kini berhasil menguasai pelelangan ikan di Pangandaran dengan hanya mengeluarkan modal Rp 750 ribu saja.

Oleh karena itu, modal besar tak bisa dijadikan pedoman dalam menjalankan usaha. Soalnya, banyak pula pebisnis yang terpaksa harus gulung tikar alias bangkrut padahal sudah mengeluarkan modal yang tidak sedikit.

Nah, buat kamu yang ingin menjalankan usaha tapi tak memiliki banyak uang untuk modal. Berikut lima jenis bisnis modal kecil di tahun 2021 yang hasilkan keuntungan besar. Apa saja?

Contoh Bisnis Modal Kecil Terbaru

1. Dropship toko online

Tingginya minat masyarakat terhadap belanja online memang memberikan banyak keuntungan untuk sejumlah pihak. Masyarakat dimudahkan dalam membeli segala kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah. Sementara, penjual memiliki kesempatan mendapatkan keuntungan lebih besar karena barang jualannya diketahui oleh banyak orang.

Tak hanya itu, belanja online juga membuka peluang usaha modal kecil yang dapat memberikan keuntungan besar dan bisa dilakoni oleh siapa saja. Salah satunya yaitu menjadi dropshipper toko online.

Secara sederhana, kamu hanya perlu memasarkan kembali produk milik pihak lain di berbagai marketplace tanpa harus memiliki produk tersebut. Jika ada pesanan, kamu dapat langsung meneruskan pesanan tersebut ke penjual. Selanjutnya, penjual yang akan mengirimkan barang pesanan ke konsumen.

Untuk modalnya bisa dibilang sangat kecil karena kamu hanya perlu membeli kuota internet dan menggunakan laptop atau handphone yang sudah ada.

2. Menu sarapan

Menjual menu sarapan juga bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mendapatkan keuntungan besar dari berjualan tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Pasalnya, tak sedikit orang yang memiliki rutinitas cukup padat di pagi hari yang membuatnya tidak sempat menyantap sarapan di rumah. Belum lagi untuk anak kost yang memang memaksanya mau tidak mau membeli sarapan di luar.

Itulah mengapa, menu sarapan bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan dan dijamin laris manis setiap hari. Kamu bisa menjual bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur dan lain sebagainya.

Modal yang dikeluarkan juga tidak besar, kamu bahkan tidak perlu menyewa kedai atau rumah makan. Kamu bisa berjualan di depan rumah maupun di pinggir jalan yang memang banyak dilalui oleh pekerja kantoran.

3. Menyewakan alat atau barang

Tak sedikit orang yang kini lebih memilih untuk menyewa barang atau alat dibanding membeli barang baru. Apalagi jika barang atau alat tersebut hanya bisa digunakan selama beberapa waktu saja. Misalnya saja, peralatan bayi seperti stroller, car seat, box bayi dan lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menawarkan penyewaan kendaraan seperti rental mobil, motor maupun sepeda. Kamu bisa memberlakukan sistem berjangka untuk penyewaannya, misalnya harian, mingguan dan bulanan.

Membuka usaha sewa menyewa barang atau alat memiliki peluang besar untuk mendatangkan pundi-pundi kekayaan yang berlipat ganda. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai tapi masih bagus untuk disewakan.

4. Pelayanan jasa

“Banyak Jalan Menuju Roma”, begitu kata pepatah untuk memotivasi kamu menggapai impian termasuk dalam hal berbisnis. Apabila dana yang kamu miliki sangat minim untuk memulai usaha, bukan berarti kamu tidak dapat mendulang uang. Nah, salah satu yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuka bisnis pelayanan jasa.

Misalnya saja, membuka layanan antar jemput, penerjemah bahasa atau translator, pijat, membuat desain, menulis artikel dan lain sebagainya.

Kelebihan lainnya dari membuka layanan jasa yaitu lebih fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat. Keuntungan yang dihasilkan juga lebih besar karena tak banyak uang yang harus dikeluarkan sebagai modal.

5. Les privat

Membuka bisnis les privat bisa dibilang menjadi peluang usaha yang tak ada matinya dan terus diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tak sedikit orangtua yang membutuhkan guru privat untuk memberikan pelajaran tambahan untuk sang anak. Selain itu, banyak juga orang dewasa yang memilih les privat untuk mengasah kemampuannya di bidang tertentu, seperti bahasa inggris hingga mengaji.

Modal yang dibutuhkan juga terbilang kecil, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membuat materi seperti print atau fotokopi. Namun, untuk menjalankan bisnis yang satu ini kamu diharuskan untuk menguasai bidang yang kamu ajarkan.

Cara mendapatkan modal usaha

Dalam dunia bisnis, modal memang bukan segalanya. Kamu juga memerlukan konsep yang matang, strategi penjualan dan lainnya.

Akan tetapi, kekurangan dana juga dapat membuat bisnis yang kamu jalani tidak berjalan dengan lancar terlebih buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis semakin besar demi mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Tapi kamu tak perlu berkecil hati karena kini banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha salah satunya yaitu dengan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan.

Selama ini banyak orang yang enggan meminjam dana karena takut terjebak dengan bunga yang besar dan tidak terjamin keamanan datanya. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih lembaga keuangan yang terpercaya dan sudah memiliki izin dari OJK.

Leave a Comment