Cara Mendirikan Bisnis Franchise Secara Mandiri

Cara Mendirikan Bisnis Franchise Secara Mandiri! Akhir-akhir ini kita tengah disibukkan dengan berbagai kegiatan yang mengharuskan kita untuk bisa bertahan di masa pandemi. Salah satu jalan yang banyak dipilih oleh orang-orang adalah dengan bisnis juga berdagang. Mereka berpikir bahwa bisnis berupa barang dagangan akan mendatangkan keuntungan yang lebih cepat.

Apabila kalian juga berpikir demikian, kalian tidak salah. Akan tetapi, ada satu jenis bisnis lain yang juga memanfaatkan skill berdagang kalian tapi peluang keuntungannya cenderung lebih besar. Mau tahu bisnis apakah itu? Simak semua penjelasannya berikut ini.

Bisnis yang tengah kita bicarakan ini biasa disebut dengan istilah franchise alis waralaba. Lalu, kenapa bisnis waralaba dinilai sangat menguntungkan? Hal ini disebabkan oleh sistem yang sudah terstruktur sehingga kalian sebagai mitra hanya perlu memasang target penjualan harian saja. Lalu, bagaimana cara mendirikan franchise mandiri itu sendiri?

Ada banyak sekali pendapat yang membahas tentang pembentukan alias awal mula berdirinya bisnis franchise ini. Tapi, sebelum kita melangkah pada pembahasan utama, paling tidak kalian harus tahu dulu apa saja aspek yang terdapat didalam bisnis waralaba ini. Soal untung dan rugi, salah satunya.

Nah, sebelum kalian mengetahui cara mendirikan franchise mandiri, ketahui dulu keuntungan bisnis waralaba, diantaranya sistem yang sudah terstruktur, tersedia media partner, penataan keuangan yang mudah dimengerti dan dijalankan, serta kekuatan branding yang lebih mengena pada sasaran pasar.

Baiklah, seperti yang sudah kalian baca juga pada bagian judul, langsung saja kita beralih pada pembahasan seputar tips mendirikan sebuah bisnis waralaba bagi pemula. Berikut ini syarat-syaratnya.

Cara Mendirikan Franchise Mandiri

1. Memiliki Ciri Khas Menarik

Jika kalian ingin tahu bagaimana cara mendirikan franchise mandiri, ada syarat pertama sekaligus juga yang paling utama dan harus kalian penuhi, yaitu branding. Kita semua tahu bahwa bisnis waralaba memberikan benefit berupa siap branding pada setiap mitra kerjanya.

Dengan demikian, sebelum bisnis waralaba kalian tersebar dan memiliki banyak mitra, kalian harus mampu mendongkrak popularitas produk di masyarakat utamanya pada target penjualan. Salah satu cara branding yang bisa kalian lakukan adalah dengan memiliki ciri khas atau tagline yang mudah diingat oleh banyak orang.

Kalian harus memastikan juga bahwa ciri khas yang kalian miliki ini benar-benar milik kalian dan belum pernah digunakan oleh pihak lain. Untuk mengantisipasi kemungkinan plagiasi, kalian bisa mendaftarkan brand usaha kalian itu. Hal ini penting sekali diketahui sebelum beralih pada cara mendirikan franchise mandiri selanjutnya.

2. Memiliki Catatan Keuangan

Kemudian kalian sebagai calon owner dari sebuah bisnis waralaba arus memiliki catatan keuangan yang rinci dan juga mudah dimengerti oleh tim alias mitra kalian nantinya. Catatan keuangan ini terdiri dari pembukuan harian, bulanan, hingga tahunan.

Nantinya, di dalam pembukuan yang sudah kalian siapkan tersebut harus ada data kemana saja modal keluar, berapa besar pemasukan setiap harinya, serta kolom rekap setiap bulan dan juga tahun sebelum tutup buku dilakukan. Jika sudah terpenuhi, kita bisa beralih pada cara mendirikan franchise mandiri yang selanjutnya.

3. Memiliki SOP yang Jelas

Cara mendirikan franchise terakhir yang selanjutnya adalah kalian sebagai owner harus memastikan keberadaan SOP. SOP sendiri merupakan Standar Operasional yang digunakan sebagai acuan oleh setiap perusahaan dalam merumuskan segala hal yang berkenaan dengan usaha. Semua keputusan yang diambil tidak boleh keluar dari SOP tersebut.

Demikianlah tips bagaimana cara mendirikan franchise mandiri.

Artikel Terkait

Leave a Comment