Cara Melindungi Dompet E-Wallet seperti OVO dan GoPay

  • Share
Cara Melindungi Dompet E-Wallet seperti OVO dan GoPay
Cara Melindungi Dompet E-Wallet seperti OVO dan GoPay

Siang ini saat saya kembali asyik menyesap segarnya es kopi sambil nikmati situasi panasnya ibukota, mendadak ada telephone dari nomor tidak dikenali masuk. Automatis saya segera angkat dan menjawab panggilan nomor telephone tidak dikenali itu dengan suara ramah.

Ternyata, tanpa basa-basi, kedengar suara ‘mas-mas’ langsung mengenalkan diri dengan suara suara memberikan keyakinan, “Siang, saya dari OVO Indonesia dan ingin mengonfirmasi apa betul ini nomor telpon Anda 081********* ?.”

Otomatis saya menjawab “YA benar, ada apakah? ,” Sang penelpon kembali menjelaskan dengan suara suara cepat yang tegas “Anda memperoleh hadiah dari OVO sebesar Rp2 juta atas transaksi bisnis berbelanja dari department toko X, apa Anda pilih pengangkutan hadiah Rp dua juta lewat transfer lewat OVO atau di rekening bank Anda?.”

Dari sini saya telah berprasangka buruk, tanpa basa-basi saya jawab “Maaf tidak tertarik Mas!,” Tanggapan singkat saya dibalas dengan tindakan sang ‘mas-mas’ penelpon menjawab dengan suara keras “OK” dan ikatan telepon langsung terputus!

Apakah pengalaman ini pernah kamu rasakan ? Berita telephone menang berhadiah undian? Mudah-mudahan ini belum atau mungkin tidak terjadi kepadamu. Karena sepotong narasi di atas ialah sisi dari narasi urutan modus penipuan berlagak membagi-bagi hadiah beberapa ratus sampai juta-an rupiah.

Buat kamu semua pemakai dompet digital atau e-wallet seperti OVO, Go Pay. Well, kamu harus memahami langkah membuat perlindungan saldo e-wallet mu secara baik supaya tidak tertipu.

Berikut panduan penting cara melindungi dompet e-wallet yang dapat kamu kerjakan :

1. Jangan Mudah Tergiur Hadiah

Tips pertama ini berkesan klise tetapi kamu harus tahu, jika kamu tidak mudah tergoda hadiah karena itu kesempatan kamu terbebas dari modus penipuan semakin besar. Namun realitanya, beberapa orang tentu ingin sekali memperoleh hadiah gratis apa lagi jika dengar banyaknya fenomenal!

Makin memberikan keyakinan kembali, ditambahkan suara penipu yang berkesan benar-benar professional terbiasa dan dengan suara cepat bisa jadi membius otak kamu supaya tergoda dan meng-iya-kan hadiah penipuan itu.

Kamu perlu ketahui bila dari faksi perusahaan dompet digital seperti OVO, Go-Pay atau perusahaan yang lain, jika mereka membagi-bagi hadiah biasanya cuman berbentuk potongan promosi, cashback, kuis yang pasti ada info di media sosial sah. Tentunya, bukan dilaksanakan pernyataan menang undian lewat telpon atas transaksi bisnis A atau atas nama yang lain seperti animo jasa ke konsumen setianya.

Ingat Guys! penipu jaman now makin inovatif dan dapat menghalalkan semua langkah supaya kamu percaya modus hadiah datang dari faksi perusahaan sah . Maka kamu agar lebih jeli dan tidak mudah tergoda bujukan hadiah!

2. Jangan Bocorkan Kode OTP / Password e-wallet

Tahukah kamu rupanya kasus penipuan e-wallet telah banyak makan korban. Bermula dari telpon dan pernyataan berhadiah sebesar uang/barang, selanjutnya penipu akan meyakinkan saat itu kamu akan memperoleh kiriman SMS PEMBERITAHUAN HADIAH dari faksi yang mencatut nama OVO atau GoPay. Isi SMS itu ialah code OTP (One Time Sandi) yang terbagi dalam angka-angka. Seterusnya, penipu akan minta kamu mengatakan code OTP yang sebagai syarat transfer hadiah ke rekening OVO / Go Pay kamu.

Ingat resiko pembocoran code OTP itu sadis! Jika kamu telah mengungkapkan code OTP atau memberitahu seseorang sandi dompet digitalmu, risikonya semua uang/saldo yang ada dalam e-wallet dapat habis atau lenyap dalam perhitungan detik. Bahaya yang lain, account dompet digital kamu di hack dan dapat muncul teror yang lain yang sudah dilakukan penipu seperti minta beberapa data individu yang lain.

Hati-hari penipuan yang marak terjadi dengan mengatasdirikan perusahan dompet digital seperti OVO dan GoPay. Ingat! perusahaan sah tak pernah minta kamu men-transfer beberapa uang untuk kebutuhan apa saja.

Catatan penting yang harus kamu ingat: tidak boleh beri pemakai ID, PIN, e-mail, sandi e-mail, pass kode , OTP ke siapa saja dengan argumen apa saja lewat perbincangan telepon/SMS.

3. Cek Kebenaran Undian Berhadiah

Apabila kamu nanti mendadak memperoleh telephone dan memberitahukan kamu menang hadiah fenomenal berbentuk beberapa uang kontan, mobil, motor, handphone atau wujud hadiah yang lain. Yakinkan check dahulu kebenaran hadiah itu dengan kontak faksi sah seperti service servis dompet digital OVO atau Go-Pay.

4. Laporkan ke Pihak e-Wallet dan Berwajib Jika Jadi Korban

Tips seterusnya, bila kamu terjerat atau alami modus penipuan, selekasnya adukan. Ya! kamu dapat memberikan laporan pada pihak berkaitan ke perusahaan e-wallet atau faksi bank (jika kasusnya tersangkut share nomor rekening bank dan OTP). Bahkan juga jika dibutuhkan kamu harus melapor pada pihak kepolisian jika dana di account OVO atau Go-Pay telah musnah. Pokoknya, kamu harus berani melapor ke faksi berkaitan dan gerak cepat menanggapi ini supaya kamu tidak tidak untung berkelanjutan.

5. Selalu Waspada, Cermat Gunakan e-wallet

Kehadiran dompet digital terang membuat semua transaksi bisnis jadi lebih ringkas, cashless dan tentunya buat bahagia saat ada beberapa cashback , promosi dan potongan harga. Tetapi ingat, kamu perlu waspada dengan modus penipuan dengan bujukan hadiah beberapa ratus sampai juta-an tapi hasilnya kamu justru tidak untung. Tidak cuman hanya itu, jeli memakai e-wallet atau dompet digital penting juga supaya kamu dapat mengoptimalkan pemakaian e-wallet dan memperoleh banyak untung dari transaksi nontunai.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *