Berbagai Jenis Internet Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Loading...

Berbagai Jenis Internet Marketing yang Wajib Anda Ketahui!. Di era digital saat ini, perkembangan dunia internet memang sudah semakin pesat. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu dunia teknologi yang semakin canggih dan banyaknya para pengguna gadget atau smartphone yang selalu bertambah setiap waktunya.

Kondisi ini pun kini telah banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk memasarkan bisnisnya dan berbagai hal lainnya secara online. Maka istilah ‘internet marketing’ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Apabila dilihat dari segi artinya, internet marketing ini adalah salah satu pemasaran atau marketing secara online.

Tentunya ada banyak jenis internet marketing yang wajib untuk diketahui khususnya bagi Anda yang sedang membangun sebuah bisnis online, di mana hal ini bisa dijadikan referensi untuk memasarkan produk yang Anda jual. Berikut penjelasannya!

Beberapa Jenis Internet Marketing

1. Social Media Marketing

Sosial media merupakan jenis internet marketing yang sering digunakan oleh banyak orang. Pasalnya saat ini kekuatan media sosial sangatlah besar. Berbagai informasi akan tersebar dengan cepat melalui sosial media ini. Terlebih lagi platiform sosial media yang ada ini cukup banyak di antaranya yaitu Instagram, Twitter, Facebook, dan yang lainnya. Disini Anda pun bisa memilih dua opsi apakah akan melakukan pemasaran secara gratis ataukah berbayar. Pastinya kedua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Content Marketing

Selanjutnya, jenis internet marketing yang bisa Anda pilih yaitu content marketing. Sesuai dengan namanya, content marketing ini merupakan suatu pemasaran yang dilakukan melalui promosi materi atau sebuah konten secara online. Contohnya seperti postingan blog, artikel, webinar, dan yang lainnya. Nah, content marketing ini pun bisa melakukan kerja sama dengan jenis dari internet marketing lainnya seperti pemasaran sosial media yang sudah dibahas sebelumnya.

Loading...

3. SEO (Search Engine Optimization)

Selain kedua jenis di atas, SEO atau Search Engine Optimization pun menjadi pemasaran yang banyak digunakan khususnya bagi para pemilik website. Melalui pemasaran ini, website yang Anda miliki bisa berada di posisi paling atas pada mesin pencari sehingga peluang untuk dikunjungi oleh lebih banyak orang pun akan semakin besar.

SEO ini pun terdiri dari dua jenis yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. Kedua jenis internet marketing SEO ini tentu memiliki perbedaannya tersendiri yang terletak pada metode pemasarannya dimana SEO On-Page lebih mengoptimalkan website yang Anda miliki pada mesin pencari. Sementara itu SEO Off-Page lebih mengoptimalkan website yang dimiliki di luar dari konten Anda. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa backlink sangat berpengaruh besar terhadap jenis SEO Off-Page ini.

4. Email Marketing

Jenis pemasaran internet lainnya yaitu terdapat email marketing. Disini Anda akan menggunakan email untuk bisa melakukan pemasaran secara online. Hal ini tentunya dilakukan untuk bisa mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan para pelanggan yang sudah lama. Tetapi apakah jenis ini bisa berpengaruh?

Perlu Anda ketahui bahwa pemasaran melalui email ini merupakan suatu jenis internet marketing yang memiliki kekuatan besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Jadi, Anda tidak boleh meremehkannya karena meskipun memang tidak tampak namun marketing melalui email ini dinilai dapat memberikan investasi yang cukup besar bahkan sampai 4 kali lipatnya.

Nah itulah beberapa jenis internet marketing yang wajib untuk Anda ketahui. So, kira-kira jenis pemasaran mana yang ingin Anda coba?

Loading...

Leave a Comment