Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Flu dengan Cara Alami Saat Musim Dingin


Musim dingin dan hujan yang sedang terjadi saat ini terkadang membuat kamu mengalami flu. Flu disebabkan oleh virus yang disebut rhinovirus. Rhinovirus bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas, tidak hanya itu, dapat juga menyebabkan menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Untuk kamu yang sedang terserang flu, kamu bisa mengatasi flu dengan cara alami.
Gunakan cara yang alami ya, pasti cara ini juga terbukti ampuh kok dalam mengatasi flu.


3 tips ini  mampu mengatasi flu dengan cara alami

1.        Meminum banyak cairan

Minum banyak cairan hangat saat kamu flu dapat membantu mengencerkan lendir dan sinus. Kamu tentunya akan merasa cepat lebih baik. Penelitian membuktikan bahwa meminum cairan yang hangat dapat meredakan gejala flu seperti pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan lemas. Ada beberapa minuman yang dapat membantumu, kau bisa memilih salah satunya.
Kamu bisa memilih untuk membuat teh panas untuk mengatasi flu dengan cara alami. Teh panas herbal tanpa kafein dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan cairan. Untuk kamu yang tidak suka teh, kamu bisa mengonsumsi kaldu panas. Akan tetapi, pilihlah kaldu yang rendah natrium agar kamu tidak terlalu banyak dalam mengonsumsi garam.

2.        Mandi uap dan menghirup uap air

Selain meminum cairan yang banyak, kamu juga perlu untuk mandi uap agar mengatasi flu dengan cara alami ini jauh lebih efektif. Siapkanlah air panas yang akan kamu gunakan untuk berendam. Kamu bisa mengawali hari harimu dengan berendam air panas untuk mendapatkan manfaatnya.
Untuk kamu yang tidak ingin mandi uap, kamu bisa melakukan hal yang lain yang sama manfaatnya dengan mandi uap. Caranya yaitu dengan panaskan air kedalam panci , kemudian setelah mengeluarkan uap, kamu angkat panci dari kompor dan letakkan pada permukaan yang datar dan kuat seperti meja dan lantai. Bungkukkan kepalamu di atas panci, jangan sampai terlalu dekat dengan uap air maupun panci. Kemudian tutupi kepala dengan menggunakan handuk dan hirup uapnya selama kurang lebih 10 menit. Sebaiknya kamu menggunakan cara ini 2-4 kali dalam satu hari. Untuk hasil yang maksimal, kamu juga bisa menanmbahkan minyak atsiri untuk melegakan sinus dan untuk aromaterapi.

3.        Mempertimbangakan menggunakan oli pulling

Pengobatan ayurveda ini menggunakan minyak untuk mengeluarkan virus, bakteri dan juga kuman dari dalam mulut. Kandungan minyak dan lemak dapat menyebabkan sebagian besar mikroorganisme larut. Sehingga mikroorganisme itu akan dikeluarkan berbarengan minyak. Untuk minyak, kamu bisa menggunakan beberapa minyak yang bisa digunakan. Minyak itu seperti minyak kelapa dan minyak organik cold pressed.

Minyak kelapa sawit berfungsi sebagai antibakteri dan mempunyai senyawa yang bersifat antimikroba dalam asam laurat. Selain minyak kelapa sawit kamu juga menggunakan minyak wijen maupun minyak dari biji bunga matahari. Caranya yaitu dengan kamu tuangkan satu sendok makan minyak dan gunakanlah untuk berkumur dalam mulut. Semakin lama kamu menggunakannya untuk berkumur, maka pastilah bakteri, virus atau mikroorganisme yang lainnya akan semakin banyak yang dikeluarkan. Akan tetapi, kamu jangan sampai menelan minyaknya ya.

Itulah tips yang kamu bisa lakukan kalau kamu sedang mengalami flu. Tenang saja, kamu bisa mengatasi flu dengan cara alami kok. Kamu tak perlu berobat ke dokter kan kalau kamu bisa mengatasinya sendiri, apalagi flu yang kamu alami tidak parah parah banget. Saat kamu terserang flu, kamu juga harus lebih banyak istirahat ya.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Flu dengan Cara Alami Saat Musim Dingin"

Berlangganan via Email